Halaman

Rabu, 28 Maret 2012

Materi Ajar


WELCOME TO JAVANESE MUSIC

 PENGERTIAN KARAWITAN
Karawitan berasal dari kata “rawit”yang artinya suatu hal yang halus, rumit, sulit, berbelit-belit akan tetapi mengandung keindahan
UNSUR KARAWITAN
I.       LARAS adalah urutan nada dalam satu gembyangan yang sudah tertentu jumlah sruti-srutinya.
            Laras dalam seni karawitan ada 2 yaitu:
            Laras Slendro = 1-2-3-5-6
            Laras Pelog     = 1-2-3-4-5-6-7
a.       GEMBYANG : Nada yang sama berjarak satu oktaf
Contoh :    1-2-3-5-6-1
                        2-3-5-6-1-2
                        3-5-6-1-2-3
                        5-6-1-2-3-5
                        6-1-2-3-5-6
Dalam satu oktaf memiliki ukuran 1200 cent
b.      SRUTI : Jarak nada, Swarantara, Interval
Contoh :    dari nada 1 ke nada 2, dsb
                         
II.    PATET adalah pembagian tugas nada dalam sebuah lagu. Dalam Pakeliran Wayang Patet adalah pembagian suasana adegan dalam sebuah cerita.
a.       Patet dalam karawitan ada 3 yaitu:
            Patet Nem       = 2-3-5-6-1-2
            Patet Sanga     = 5-6-1-2-3-5
            Patet Manyura = 6-1-2-3-5-6
b.      PATET dalam pakeliran wayang dibagi menjadi 4 macam yaitu:
Patet Nem       : 2-3-5-6-1-2
Patet Sanga     : 5-6-1-2-3-5
Patet Manyura : 6-1-2-3-5-6
Patet Galong   : 3-5-6-1-2-3

MACAM-MACAM KARAWITAN
A.    KARAWITAN VOKAL adalah jenis karawitan yang berasal dari suara manusia.
            Contoh : Sindenan, Gerongan, Bawa, Macapatan, dll.
B.     KARAWITAN INSTRUMENTAL adalah jenis karawitan yang berasal dari instrumen gamelan sebagai sumber bunyinya. Dalam istilah karawitan disebut Soran/Sora yang artinya keras.
C.     KARAWITAN CAMPURAN adalah jenis karawitan yang terdiri dari penggabungan antara karawitan vokal dan instrumental. Dalam istilah karawitan disebut : Uyon-uyon dari kata manguyu-uyu yang artinya mendayu-dayu.
            Berdasarkan kegunaannya seni karawitan dibagi menjadi  2 yaitu:
Karawitan berfungsi sebagai karawitan mandiri artinya seni karawitan dalam penyajiannya dapat berdiri sendiri
FUNGSI KARAWITAN
Karawitan berfungsi sebagai iringan artinya bahwa kedudukan seni karawitan dalam hal ini berfungsi sebagai pendukung suatu pertunjukan lain. Contoh: iringan wayang, kethoprak, drama, sinetron, dll.

TITILARAS
Pengertian
Berasal dari kata Titi yang artinya tulisan atau tanda. Laras artinya tinggi rendah nada, suara, bunyi dalam musik karawitan.
Jadi Titilaras adalah : Tulisan atau tanda tentang nada-nada, suara dalam seni karawitan yang sudah tertentu tinggi rendahnya.

MACAM-MACAM TITILARAS
Titilaras yang dipergunakan di pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali) adalah sebagai berikut:
a.       Titilaras Andha
b.      Titilaras Rante.
            Diciptakan oleh Ki Demang Guna Santika Kraton Yogyakarta. Berwujud : simbol
c.       Titilaras Kepatihan.
            Diciptakan oleh KRT. Wreksodiningrat di Kraton Surakarta. Berwujud : angka
d.      Titilaras Sari Swara.
            Diciptakan oleh Ki Hadjar Dewantara di Taman Siswa Yogyakarta. Berwujud : angka.
e.       Titilaras Daminatila.
Merupakan titilaras yang digunakan di daerah Sunda. Diciptakan oleh R. Machyar Kusumahdinata di Bandung. Berwujud : angka.
f.       Titilaras  Dong Ding.
            Merupakan titilaras yang digunakan di karawitan Bali, penciptanya tidak diketahui. Berwujud : Simbol
Semua Titilaras dalam seni karawitan berfungsi sebagai alat untuk mendokumentasikan sebuah lagu atau gending

SUASANA PENYAJIAN SENI KARAWITAN
1.        Rempeg : adalah penyajian seni karawitan yang menghasilkan suasana harmonis
2.       Renggep : adalahpenyajian seni karawitan yang menghasilkan suasana yang enak dan menghanyutkan.
3.       Rampak : adalah penyajian seni karawitan yang menghasilkan suasana yang kompak/bersama-sama.

Tabel Titilaras
LARAS
SLENDRO

ANGKA
NAMA
DIBACA
1
2
3
5
6
1
Barang
Gulu
Dhadha
Lima
Enem
Barang Alit
Ji/Siji
Ro/Loro
Lu/Telu
Ma/Lima
Nem/Enem
Ji/Siji
LARAS
PELOG

ANGKA
NAMA
DIBACA
1
2
3
4
5
6
7
Penunggul
Gulu
Dhadha
Pelog
Lima
Enem
Barang
Ji/Siji
Ro/Loro
Lu/Telu
Pat/Papat
Ma/Lima
Nem/Enem
Pi/Pitu

BENTUK GENDING
Bentuk Gending adalah : Wujud lagu yang dipergunakan dalam seni karawitan.
Bentuk gending yang terdapat dalam seni karawitan ada beberapa macam, antara lain:
·         Gangsaran
·         Lancaran
·         Ketawang
·         Ladrang
·         Gending
·         Srepeg/Playon
·         Ayak-ayak

Gangsaran
. . p. n.    .p .n .p g.
Lancaran
. . . n.  . p. . n.   . p. . n.  . p. . g.
Ketawang
. . . .  . . . n.  . . . p.  . . . g.
Ladrang
. . . .  . . . n.  . . . p.  . . . n.
. . . p.  . . . n.  . . . p.  . . . g.
 Keterangan Simbol
 n    = Tabuhan Kenong              g     = Tabuhan Gong                         p          = Tabuhan Kempul
 .      = Balungan                                +       = Kethuk

Penerus
Celempung
RICIKAN GAMELAN
KENDANG
Kendang adalah alat musik yang bertugas sebagai pemimpin jalannya irama. Kendang dalam seni karawitan ada 3 yaitu:
1.      Kendang Ageng
2.      Kendang Batangan
3.      Kendang Ketipung
REBAB
Rebab adalah instrumen gamelan yang bertugas sebagai pemimpin sebuah lagu/gending dalam seni karawitan. Tehnik menabuh rebab dengan cara digesek menggunakan alat yang bernama; kosok/senggreng.
Rebab mempunyai 2 ukuran yaitu:
1.      Ukuran Baladewa (Besar)
2.      Ukuran Kresna (Kecil)
SITER
Siter adalah instrumen gamelan yang menggunakan dawai dan tabung kayu sebagai sumber bunyinya. Siter bertugas sebagai penghias lagu. Dalam seni karawitan siter memiliki 2 ukuran yaitu:
1.      Celempung (siter besar)
2.      Siter penerus (siter kecil)
SULING
Suling adalah instrumen gamelan yang terbuat dari bambu cendani. Suling merupakan salah satu alat  musik tiup yang ada dalam seni karawitan dan bertugas sebagai penghias lagu.
Dalam seni karawitan suling terdiri dari 2 laras yaitu:
Gaya Surakarta
1.      Laras slendro (berlubang 4)
2.      Laras pelog (berlubang 5)
Gaya Yogyakarta
1. Suling berlubang 6
SARON
Saron berfungsi sebagai pendukung jalannya irama yang dibuat oleh kendang dan sekaligus sebagai penghias lagu.
Dalam karawitan saron dibagi menjadi 3 macam yaitu:
1.      Saron Demung (berukuran besar)
2.      Saron Barung (berukuran sedang)
3.      Saron Penerus / Peking (berukuran kecil)
BONANG
Bonang adalah ricikan gamelan yang bertugas sebagai  instrumen pembuka (Buko) dan juga berfungsi sebagai penghias lagu . Dalam karawitan bonang ada tiga macam yaitu:
1.      Bonang Penembung (Besar)
2.      Bonang Barung (Sedang)
3.      Bonang Penerus (Kecil)
GENDER
Gender adalah ricikan gamelan yang berfungsi untuk pembuka, dan sekaligus bertugas sebagai penghias lagu. Dalam karawitan gender ada tiga macam yaitu:
1.      Gender Penembung (Slenthem)
2.      Gender Barung
3.      Gender Penerus
KETUK-KENONG
Ketuk dan Kenong adalah ricikan gamelan yang berbentuk pencon, yang bertugas sebagai pendukung jalannya irama.
Dalam karawitan ketuk terdiri dari dua macam laras yaitu:
1.      Ketuk Pelog =laras 6 ageng
2.      Ketuk Slendro = laras 2 ageng
GAMBANG
Gambang adalah salah satu ricikan gamelan yang terbuat dari kayu, berjumlah 20 bilah
KEMPUL-GONG
Kempul dan Gong adalah ricikan gamelan yang berbentuk pencong/pencu berfungsi sebagai pendukung jalannya irama.
KEMANAK
Kemanak adalah ricikan gamelan yang menyerupai buah pisang berfungsi untuk mendukung irama. Tehnik tabuhannya dipukul. Ditabuh oleh dua orang
KECER
Kecer adalah ricikan gamelan yang terdiri dari 2 buah diletakan di atas plangkan dalam penyajian sebuah gending berfungsi sebagai pendukung jalannya irama.
Kemanak

Kempul-Gong




Kecer


Gamb ang






TABEL RICIKAN GAMELAN
No
Nama Alat
Bahan
Cara Menabuh
Jenis
Tempat
Keterangan
1
Kendang
Kayu, Kulit
Dikebuk
Ageng, Batangan, Ketipung
Plangkan
2 Tangan
2
Gender
Besi, Kuningan, Perunggu
Dipukul
Slenthem, Barung, Penerus
Grobogan
2 Tangan
3
Bonang
Besi, Kuningan, Perunggu
Dipukul
Penembung, Barung, Penerus
Rancakan
2 Tangan
4
Saron
Besi, Kuningan, Perunggu
Dipukul
Demung, Barung, Penerus
Plangkan
1 Tangan
5
Rebab
Dawai/Kawat
Digesek
Baladewa, Kresna
Rancakan
2 Tangan
6
Siter
Dawai/Kawat
Dipetik
Celempung, Penerus
Grobogan
2 Tangan
7
Kenong
Besi, Kuningan, Perunggu
Dipukul
Kenong, Kethuk, Kempyang
Rancakan
1 Tangan
8
Gong
Besi, Kuningan, Perunggu
Dipukul
Gong Ageng, Suwukan, Kempul
Gayor
1 Tangan
9
Gambang
Kayu
Dipukul

Grobogan
2 Tangan
10
Suling
Bambu
Ditiup

Rancakan
2 Tangan
11
Kemanak
Besi, Kuningan, Perunggu
Dipukul


1 Tangan
12
Kecer
Perunggu
Dipukul

Plangkan
2 Tangan

BAGIAN RICIKAN GAMELAN

·         Pencu/Pencon : Permukaan gamelan yang menonjol   (Bonang, Kenong, Ketuk, Kempyang, kempul, Gong)
·         Bilah/Wilahan : Permukaan gamelan yang rata           (Saron, Gender, Gambang)
·         Klanthe : Tali besar untuk meletakan ketuk, kenong, kempul, gong.
·         Pluntur : Tali kecil untuk meletakan gender, bonang, slenthem.
·         Gayor : Kayu besar sebagai gantungan kempul dan gong,
·         Plangkan : Tempat meletakan wilahan gamelan dan kendang.
·         Rancakan : Tempat meletakan bonang, ketuk, kempyang, kenong.
·         Grobogan : Tempat meletakan gender, gambang slenthem.

IRAMA

·         Cepat lambatnya pukulan/tabuhan pada
·         penyajian sebuah gending.
·         Tolok ukur penentu irama adalah pukulan ricikan saron penerus dengan ricikan balungan lainnya.
·         Irama Lancar ( seseg) adalah irama 1/1 yaitu: setiap satu sabetan balungan sama dengan satu sabetan saron penerus.
·         Irama I ( tanggung ) adalah irama ½ yaitu: setiap satu sabetan balungan sama dengan dua sabetan saron penerus.
·         Irama II ( dados/dadi ) adalah irama ¼ yaitu: setiap satu sabetan balungan sama dengan empat sabetan saron penerus.
·         Irama III ( Wiled ) adalah 1/8 yaitu: setiap satu sabetan balungan sama dengan delapan sabetan saron penerus.
·         Irama IV ( Wiled-Rangkep ) adalah 1/16 yaitu: setiap satu sabetan balungan sama dengan enam belas sabetan saron penerus.


NOTASI GENDING

Adalah : Tulisan yang berwujud angka yang dipergunakan untuk memainkan ricikan gamelan.
Notasi gending juga merupakan kumpulan angka-angka yang sudah diatur tinggi rendahnya sehingga membentuk kalimat lagu.


MACAM-MACAM LANCARAN

LANCARAN  NIBANI adalah jenis notasi gending yang memiliki ciri-ciri :
Dalam satu gongan terdiri dari 4 gatra.
Terdiri dari 16 sabetan balungan (ketukan)
Terdiri dari 8 notasi balungan.
LANCARAN  NGRACIK adalah jenis notasi gending yang memiliki ciri-ciri :
Dalam satu gongan terdiri dari 4 gatra.
Terdiri dari 16 sabetan balungan (ketukan)
Setiap titik bisa terdapat notasi bisa tidak





I.                   Contoh Lancaran Nibani :
PELAKU YANG TERLIBAT DALAM SENI KARAWITAN
1.        Niyaga/Wiyaga/Pengrawit : adalah pemain gamelan (pemusik)
2.       Sinden/Waranggana/Swarawati : adalah vocal tunggal dalam seni karawitan, biasanya dilakukan oleh seorang wanita.
3.       Gerong/Wiraswara : adalah vocal tunggal dan koor yang dilakukan dalam seni karawitan, biasanya dilakukan oleh pria.
4.       Peniti : Orang yang bertugas menata ricikan gamelan.
Lancaran Suwe Ora Jamu
Lancaran Bindri
Lancaran Serayu
Lancaran Manyar sewu
Lancaran Gugur Gunung
Dll
II.                Contoh Lancaran Ngracik :
Lancaran Gajah-Gajah
Lancaran Nonton Wayang
Lancaran Bocah dolan
Lancaran Cublak-cublak suweng
Lancaran SMP 2 Jaya
Dll

 Lancaran SUWE ORA JAMU Laras Pelog Nem
Buko . 3 . 5     . 6 . 5     . 4 . 2     . 1 . 6
. 1 . n3  . p1 . n3  . p1 . n2  . p3 . G2
. 3 . n5  . p6 . n5  . p4 . n2  . p1 . G6

Lancaran SERAYU Laras Pelog Nem
Buko : . 6 6 . 6 4 6 5 . 6 . 3 . 2 . g1
. 5 . n6  . p5 . n3  . p5 . m3  . p2 . G1
. 5 . n6  . p5 . n3  . p5 . n3  . p2 . G1
. 2 . n1  . p2 . n1  . p6 . n5  . p4 . G5
. 6 . n4  . p6 . n5  . p6 . n3  . p2 . G1

Lancaran MAKARYO Laras Pelog Barang
Buko  . . . 6 6 5 3 5 . 2 . 7 . 5 . g6
. 5 6 n.  3 p5 6 n7  . p2 . m3  . p2 . G7
. 6 7 n.  7 p6 5 n3  . p2 . n7  . p5 . G6
. 5 6 n.  3 p5 7 n6  . p2 . n3  . p2 . G7
. 3 2 n.  6 p5 3 n5  . p2 . n7  . p5 . G6

Lancaran AYUN-AYUN Laras Pelog Nem
Buko :   6356  2165  3632  535g6
Irama 1& 2
2 3 2 1  3 5 3 n2  5 3 2 p1  3 5 3 n2
6 3 5 p6  2 1 6 n5  3 6 3 p2  5 3 5 g6


Irama 3
3 6 3 6  2 3 2 1  5 1 2 3  6 5 3 n2
6 2 5 3  2 3 2 p1  5 1 2 3  6 5 3 n2
6 2 5 3  6 3 5 p6  2 3 2 1  6 5 4 n5
6 3 5 6  3 5 3 p2  5 3 1 6  1 2 1 g6

3 komentar:

  1. Baccarat & Poker Strategy | Strategy | Beginners | U.S. Online
    Try Baccarat strategy worrione in your home 카지노사이트 with one of our top tips 인카지노 and strategies. Learn more about online gambling, gambling strategy,

    BalasHapus
  2. Hard Rock Hotel & Casino Tulsa, OK - Mapyro
    MapYRO Realtime driving directions to 논산 출장안마 Hard Rock Hotel & 하남 출장샵 Casino Tulsa, OK, based on live traffic updates and road 남원 출장마사지 conditions 안양 출장마사지양주 출장안마 from 11 a.m. to 3 a.m.

    BalasHapus